Contoh Laporan Praktikum Mahasiswa: Panduan Lengkap untuk Mahasiswa Baru dan Lama

Sobat Mahasiswa Baru Dan Lama, selamat datang di artikel jurnal kami kali ini yang membahas tentang contoh laporan praktikum mahasiswa. Sebagai mahasiswa, melakukan praktikum tentu sangat penting untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan di bidang yang diminati. Namun, seringkali terdapat kendala dalam menyusun laporan praktikum yang baik dan benar.

Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan informasi lengkap dan terbaru mengenai contoh laporan praktikum mahasiswa untuk membantu mahasiswa baru dan lama dalam menyusun laporan praktikum yang tepat dan efektif. Simaklah seluruh informasi lengkapnya pada artikel ini.

Pendahuluan

Praktikum adalah salah satu kegiatan penting dalam dunia pendidikan. Melalui praktikum, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan di bidang yang diminati. Namun, sebagaimana kegiatan lainnya, setiap praktikum harus diakhiri dengan penyusunan laporan praktikum. Laporan praktikum berguna untuk memperoleh nilai serta merekam segala hal yang telah dilakukan selama pelaksanaan praktikum. Namun, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penyusunan laporan praktikum mahasiswa. Berikut penjelasannya.

Kelebihan

1. Meningkatkan keterampilan menulis

Menyusun laporan praktikum dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Hal ini karena mahasiswa dituntut untuk menyampaikan informasi secara jelas dan sistematis.

2. Merekam segala hal yang telah dilakukan

Dalam laporan praktikum, mahasiswa diharuskan mencatat segala sesuatu yang dilakukan selama praktikum. Dengan begitu, apabila diminta untuk menjelaskan kembali, maka mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam mengingat.

3. Mempromosikan komunikasi

Penyusunan laporan praktikum juga dapat mempromosikan komunikasi antar mahasiswa. Hal ini karena mahasiswa bisa saling membagikan informasi yang didapat selama pelaksanaan praktikum.

4. Meningkatkan kualitas laporan

Setiap mahasiswa bisa mempelajari laporan praktikum dari temannya dan melihat gaya penulisan yang berbeda. Hal ini akan meningkatkan kualitas laporan praktikum yang dibuat.

5. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa

Dalam menyusun laporan praktikum, mahasiswa diharuskan membuat analisis dan penjelasan terhadap konsep yang telah dipelajari selama praktikum. Dengan begitu, pengetahuan mahasiswa bisa meningkat pesat.

6. Memudahkan dosen dalam memberikan penilaian

Seiring dengan adanya laporan praktikum, dosen juga bisa lebih mudah dalam memberikan penilaian terhadap mahasiswa.

7. Menjadi sumber referensi penting

Laporan praktikum yang sudah disiapkan oleh mahasiswa bisa menjadi sumber referensi penting pada saat terdapat tugas yang membutuhkan pengetahuan dari praktikum tersebut.

Kekurangan

1. Menghabiskan waktu yang lama

Membuat laporan praktikum membutuhkan waktu yang cukup lama, khususnya jika mengalami kesulitan dalam menyusunnya.

2. Kebanyakan informasi

Dalam laporan praktikum, terkadang mahasiswa terlalu banyak menyajikan informasi sehingga susah difahami oleh pembaca.

3. Tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dosen

Terlepas dari tujuan dan manfaat dari laporan praktikum, seringkali mahasiswa belum memahami secara tepat instruksi yang diberikan oleh dosen. Hal ini dapat mengurangi kualitas dan nilai akhir dari laporan praktikum.

4. Kesalahan teknis

Kesalahan teknis, seperti penggunaan bahasa dan tata cara penulisan, masih menjadi tantangan bagi mahasiswa dalam menyusun laporan praktikum yang baik dan benar.

5. Memberikan tekanan psikologis bagi mahasiswa

Mengerjakan laporan praktikum juga bisa memberikan tekanan psikologis pada mahasiswa terutama jika memiliki batas waktu yang terbatas.

6. Terkadang terlalu subjektif

Seringkali, laporan praktikum yang disusun terlalu subjektif dan tidak objektif.

7. Biaya

Terutama bagi mahasiswa yang melakukan praktikum di laboratorium, menyusun laporan praktikum juga memerlukan biaya karena harus mencetak spesimen yang diperlukan.

Contoh Laporan Praktikum Mahasiswa

Setiap praktikum memiliki tujuan yang berbeda dan laporan praktikum yang disusun juga harus berbeda. Berikut adalah contoh laporan praktikum yang bisa digunakan sebagai referensi :

Judul Bidang Ilmu Link
Reaksi Redoks Kimia Link
Pengenalan Mikroskop Biologi Link
Pengamatan Selama 24 Jam Biologi Link

FAQ

1. Apa yang harus dicantumkan dalam laporan praktikum mahasiswa?

Di dalam laporan praktikum, hal-hal yang harus dicantumkan seperti judul, tujuan, teori, alat dan bahan, prosedur, hasil dan pembahasan serta kesimpulan.

2. Apa bedanya praktikum dengan magang?

Praktikum adalah kegiatan belajar di kelas atau laboratorium sedangkan magang adalah kegiatan belajar di lapangan atau di tempat kerja yang ingin dicoba.

3. Apakah laporan praktikum harus ditulis dalam bahasa Inggris?

Tidak selalu. Terkadang dosen memberikan instruksi untuk menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika tidak disebutkan oleh dosen, mahasiswa bisa menggunakan bahasa Indonesia.

4. Apa yang harus dilakukan sebelum mengikuti praktikum?

Sebelum mengikuti praktikum, mahasiswa harus mempersiapkan diri terutama dalam hal pengetahuan tentang materi praktikum.

5. Kapan waktu yang tepat untuk mulai menyusun laporan praktikum?

Waktu yang tepat untuk menyusun laporan praktikum adalah setelah praktikum selesai dilaksanakan.

6. Apa yang harus dilakukan jika ada kesulitan dalam menyusun laporan praktikum?

Jika mengalami kesulitan, mahasiswa bisa meminta bantuan dari dosen atau teman.

7. Apa yang dimaksud dengan abstrak dalam laporan praktikum?

Abstrak adalah ringkasan atau gambaran umum dari seluruh laporan praktikum.

8. Apa yang harus diperhatikan ketika menulis laporan praktikum?

Ketika menulis laporan praktikum, diperlukan ketelitian dalam mengikuti instruksi dosen, penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta konsistensi dalam gaya penulisan.

9. Apa yang harus dilakukan apabila mengalami kesulitan dalam memahami instruksi dosen?

Jika mengalami kesulitan dalam memahami instruksi dosen, mahasiswa bisa meminta penjelasan lebih lanjut atau memberikan pertanyaan kepada dosen.

10. Apakah plagiat diperbolehkan dalam laporan praktikum?

Tidak. Plagiat adalah tindakan yang tidak etis dan bisa berakibat fatal pada nilai akhir.

11. Apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan alat untuk praktikum?

Sebelum menggunakan alat untuk praktikum, mahasiswa harus mencari tahu cara penggunaannya dan memastikan kondisi alat dalam keadaan baik.

12. Apa yang harus diperhatikan dalam menyusun kesimpulan laporan praktikum?

Ketika menyusun kesimpulan laporan praktikum, mahasiswa harus berdasarkan pada hasil yang didapat selama pelaksanaan praktikum, tetapi juga harus bersifat objektif dan tidak terlalu bertele-tele.

13. Apa yang harus dilakukan setelah laporan praktikum selesai disusun?

Setelah laporan praktikum selesai disusun, mahasiswa harus mengecek kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan.

Kesimpulan

Berdasarkan dari kelebihan dan kekurangan penyusunan laporan praktikum di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan laporan praktikum memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, dengan kesungguhan dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan praktikum dan tekad yang kuat, mahasiswa pasti akan berhasil menyusun laporan praktikum yang baik dan benar.

Dalam menyusun laporan praktikum, mahasiswa perlu memperhatikan setiap instruksi yang diberikan dan menulisnya dengan bahasa yang baik dan benar. Hindari plagiat dan jangan takut melakukan revisi agar laporan praktikum menjadi lebih baik.

Terakhir, laporan praktikum yang baik dan benar akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang memuaskan dan berguna sebagai referensi di masa mendatang.

Penutup

Semangat Sobat Mahasiswa Baru Dan Lama, selalu berusaha untuk belajar dan meningkatkan diri melalui praktikum dan penyusunan laporan praktikum yang benar. Mohon perhatikan dengan seksama setiap instruksi dan jangan coba-coba menyontek atau melakukan plagiat dalam laporan praktikum.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Mahasiswa Baru Dan Lama dan sukses selalu!

Tinggalkan komentar