Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Mercu Buana (UMB)

Baca Cepat show

Selamat Datang Sobat Mahasiswa Baru dan Lama!

Universitas Mercu Buana (UMB) merupakan universitas yang telah berdiri sejak tahun 1985 dan telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UMB menyediakan berbagai program studi yang terdiri dari program studi strata satu (S1) dan program studi strata dua (S2). UMB juga menawarkan program studi dengan hasil akreditasi A atau B. Saat ini, UMB membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Simak informasi lengkap mengenai pendaftaran mahasiswa baru UMB di bawah ini!

Pendahuluan

Apa yang membuat UMB menjadi pilihan utama bagi banyak calon mahasiswa? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan pendaftaran mahasiswa baru di UMB:

Kelebihan Pendaftaran Mahasiswa Baru di UMB

1. Fasilitas yang Lengkap

UMB menawarkan fasilitas yang lengkap dan modern. Mulai dari perpustakaan, laboratorium, studio musik, tempat olahraga, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa UMB secara gratis.

2. Program Beasiswa

UMB juga memiliki program beasiswa yang dapat membantu mahasiswa yang membutuhkan. Program beasiswa tersebut terdiri dari Beasiswa UMB dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA).

3. Lingkungan Kampus yang Mendukung

UMB memiliki lingkungan kampus yang nyaman dan mendukung. Mahasiswa dapat belajar atau berkumpul di berbagai area yang disediakan, seperti taman kampus, aula, atau halaman kampus. Selain itu, UMB juga rutin mengadakan kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa, seperti seminar, workshop, dan talkshow.

4. Dosen dan Staf Pengajar yang Berkualitas

UMB menyediakan dosen dan staf pengajar yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Seluruh dosen dan staf pengajar UMB memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang memadai untuk memberikan pengajaran terbaik bagi mahasiswa.

5. Koneksi dengan Dunia Kerja

UMB memiliki hubungan yang baik dengan berbagai perusahaan dan institusi di dalam dan luar negeri. Hal ini menjadi keuntungan bagi mahasiswa UMB, karena mereka dapat memiliki kesempatan untuk magang atau bekerja di tempat tersebut setelah lulus.

6. Program Kreatif dan Inovatif

UMB menyediakan program kreatif dan inovatif yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Salah satunya adalah program Entrepreneurship Incubation Center (EIC) yang membantu mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis mereka sejak dini.

7. Program Studi yang Beragam

UMB menyediakan program studi yang beragam dan memiliki kualifikasi serta akreditasi yang baik. Seluruh program studi di UMB memiliki kurikulum yang terus diperbarui dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Kekurangan Pendaftaran Mahasiswa Baru di UMB

1. Biaya Kuliah yang Mahal

Biaya kuliah di UMB terbilang cukup mahal, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki dana yang mencukupi. Namun, UMB juga menyediakan program beasiswa yang dapat membantu mahasiswa yang membutuhkan.

2. Lokasi Kampus yang Padat

UMB terletak di lokasi yang padat, sehingga sulit untuk menemukan tempat parkir bagi mahasiswa yang membawa kendaraan pribadi. Namun, UMB juga menyediakan transportasi kampus untuk memudahkan mahasiswa dalam berkunjung ke kampus.

3. Kurangnya Ruang Kreatif

UMB memiliki fasilitas yang lengkap, namun masih kurangnya ruang kreatif bagi mahasiswa untuk berekspresi dan berkarya. UMB juga masih perlu meningkatkan fasilitas yang mendukung kreativitas mahasiswa.

4. Tuntutan Prestasi yang Tinggi

UMB menuntut prestasi yang tinggi dari mahasiswa, sehingga mahasiswa harus berusaha keras untuk meraih prestasi yang baik. Namun, hal ini juga dapat memotivasi mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuan dan potensi dirinya.

5. Tidak Ada Program Studi S3

UMB saat ini hanya menyediakan program studi strata satu (S1) dan program studi strata dua (S2), namun belum memiliki program studi strata tiga (S3). Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

6. Jadwal Kuliah yang Padat

Jadwal kuliah di UMB dapat menjadi padat, sehingga mahasiswa harus mampu mengelola waktu dan memprioritaskan kegiatan dengan baik. Namun, hal ini juga dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan disiplin diri dan pengaturan waktu.

7. Persaingan yang Ketat

Persaingan di UMB dapat menjadi ketat, terutama pada program studi yang populer dan diminati oleh banyak calon mahasiswa. Namun, hal ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan.

Informasi Lengkap Pendaftaran Mahasiswa Baru di UMB

Tanggal Pembukaan Pendaftaran 1 Juli 2021
Tanggal Penutupan Pendaftaran 31 Agustus 2021
Gelombang Pendaftaran 3 Gelombang
Biaya Pendaftaran Rp750.000,-
Bukti Pendaftaran Kartu Peserta Ujian (KPU)
Program Studi yang Tersedia Semua Program Studi Strata Satu (S1) dan Program Studi Strata Dua (S2)
Persyaratan Pendaftaran Ijazah SMA/SMK atau sederajat, foto copy KTP, foto 3×4 (terbaru), pas foto 3×4 (dalam KPU)

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah UMB menerima mahasiswa transfer?

Ya, UMB menerima mahasiswa transfer dari universitas lain dengan persyaratan tertentu.

2. Apakah UMB memiliki program magang?

Ya, UMB memiliki program magang untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan dan pengalaman di dunia kerja.

3. Bagaimana cara mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru di UMB?

Kamu dapat mengunjungi website resmi UMB atau menghubungi pusat informasi UMB untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

4. Apa saja program beasiswa yang tersedia di UMB?

UMB memiliki program Beasiswa UMB dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) yang dapat membantu mahasiswa yang membutuhkan.

5. Apakah UMB menyediakan program studi S3?

Saat ini, UMB belum menyediakan program studi strata tiga (S3).

6. Bagaimana cara melakukan pendaftaran mahasiswa baru di UMB?

Kamu dapat mendaftar secara online atau langsung ke kampus UMB dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh UMB.

7. Apa saja fasilitas yang disediakan oleh UMB?

UMB menyediakan fasilitas yang lengkap dan modern, seperti perpustakaan, laboratorium, studio musik, tempat olahraga, dan masih banyak lagi.

8. Bagaimana persyaratan pendaftaran mahasiswa baru di UMB?

Persyaratan pendaftaran mahasiswa baru di UMB antara lain ijazah SMA/SMK atau sederajat, foto copy KTP, foto 3×4 (terbaru), dan pas foto 3×4 (dalam KPU).

9. Bagaimana cara mendapatkan informasi mengenai program beasiswa di UMB?

Kamu dapat menghubungi pusat informasi UMB atau melihat informasi mengenai program beasiswa di website resmi UMB.

10. Apakah UMB menyediakan transportasi kampus untuk mahasiswa?

Ya, UMB menyediakan transportasi kampus untuk memudahkan mahasiswa dalam berkunjung ke kampus.

11. Bagaimana cara mendapatkan informasi mengenai program kreatif dan inovatif di UMB?

Kamu dapat mengunjungi website resmi UMB atau menghubungi pusat informasi UMB untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program kreatif dan inovatif di UMB.

12. Apakah UMB memiliki hubungan kerjasama dengan perusahaan atau institusi di dalam negeri?

Ya, UMB memiliki hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan dan institusi di dalam dan luar negeri.”

13. Apakah UMB menawarkan program belajar jarak jauh (online learning)?

Saat ini belum ada program belajar jarak jauh (online learning) di UMB.

Kesimpulan

Dari segi kelebihan dan kekurangan, UMB masih menawarkan banyak keuntungan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UMB. Seluruh program studi UMB juga memiliki kualifikasi akreditasi yang baik. Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar, pastikan kamu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan mempersiapkan diri dengan baik. Ayo jangan ragu untuk mendaftar dan bergabung bersama UMB!

Action Plan

Sudah tidak sabar untuk mendaftar di UMB? Langsung saja kunjungi website resmi UMB dan daftar sekarang! Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Semoga sukses!

Kata Penutup/Disclaimer

Seluruh informasi dalam artikel ini didasarkan pada data dan informasi yang terpercaya dan valid pada saat penulisan. Namun, UMB berhak untuk merubah persyaratan dan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pastikan kamu selalu mengupdate informasi terbaru mengenai pendaftaran mahasiswa baru di website resmi UMB atau menghubungi pusat informasi UMB.

Tinggalkan komentar